Bahas Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK Tahun 2022, Wabup Risnawanto Tegaskan Optimalisasi Penguatan Fungsi Pengawasan APIP dan Eksternal BPK

Selasa, 14 Februari 2023

Pasbar, --

Dalam rangka mengoptimalkan penguatan fungsi pengawasan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Eksternal BPK, Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menegaskan seluruh Aparatur Pemerintah untuk dapat berpartisipasi aktif melaksanakan sistem pengendalian intern sesuai peraturan yang berlaku berkaitan tugas dengan masing-masing.

Hal ini ditegaskan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Percepatan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Atas Belanja Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (14/2) di Auditorium Kantor Bupati setempat. Ia berharap hal tersebut dapat menekan penyalahgunaan kewenangan yang bisa menimbulkan kerugian daerah/ negara.

Wabup Risnawanto mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Daerah terhadap Perangkat Daerah, yang dibantu pelaksanaannya oleh Aparat Pengawas Internal dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Pasaman Barat.

"Inspektorat memiliki peran sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) telah melaksanakan praktek Pengendalian Intern terhadap kebijakan dan prosedur, dalam rangka penyelenggaraan," ucapnya.

Output dari tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan ini lanjutnya, menyumbang meningkatnya persentase progres penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan yang merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Kita berharap seluruh jajaran aparatur penyelenggara pemerintahan yang hadir ini untuk ikut serta memberikan kontribusi terhadap pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah, sehingga terciptanya birokrasi yang profesional, akuntabel, berintegrasi, dan berwawasan kebangsaan," tambah Risnawanto.

Sumber: Diskominfo

Share